TANDA KEHAMILAN BULAN KEDELAPAN (29-32 MINGGU)

KEHAMILAN BULAN KEDELAPAN (29-32 MINGGU)

TUMBUH KEMBANG JANINKU

Minggu ke-29

  1. Ukuran janin 37-39 cm dan berat 1.300 gram.
  2. Perkembangan otak janin maju pesat. la mampu mengendalikan napas.
  3. Janin mampu mengenali perubahan suara, cahaya, rasa, dan bau.
  4. Tubuh janin semakin sempurna.
  5. Kelenjar adrenalin janin mulai menghasilkan hormon androgen atau progesteron yang menstimulasi hormon prolaktin dalam tubuh lbu untuk terbentuknya kolostrum.

Minggu ke-30

  • Ukuran janin 39-40 cm dan berat 1.300-1.500 gram.
  • Gerakannya akan semakin terasa.
  • Mata janin sudah memproduksi air mata dan kelopak matanya semakin lihai untuk membuka dan menutup.
  • Cairan ketuban Ibu semakin sedikit karena janin semakin membesar. Jumlah normal cairan ketuban adalah 1.000 cc, dan mengalami masalah jika jumlahnya kurang dari 500 cc.
  • Ibu harus waspada jika terjadi robekan atau rembesan ketuban. Segeralah ke dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Minggu ke-31

  1. Ukuran janin 41-43 cm.
  2. Pembentukan sel saraf otaknya masih berkembang sangat pesat. Ibu dianjurkan untuk merangsang janinn dengan penuh kasih sayang.
  3. Janin masih bergantung kepada plasenta.
  4. Fungsi retina semakin baik dalam menangkap sinar dan meneruskannya ke saraf optik di otak.
  5. Lemak semakin bertambah di jaringan bawah kulitnya.

Minggu ke-32

  • Ukuran janin 44 cm dan beratnya 1.800 gram.
  • Pertumbuhan fisik semakin sempurna.
  • Rambut, bulu mata, dan alis semakin jelas terlihat.
  • Jari-jari dan kuku (tangan dan kaki) telah tumbuh sempurna.
  • Janin telah bisa bermimpi.
  • Janin sudah mahir merespon dan mengenali suara. la akan senang mendengar suara ibu dan keluarganya, serta terganggu dengan suara bising.
  • Warna kulit telah menyerupai orangtuanya.
  • Saluran pencernaan, paru-paru, hati, pankreas, dan lain- junithlain telah hampir berfungsi sempurna.

MENGENAL KEHAMILAN LEWAT WAKTU

Kehamilan lewat waktu adalah kehamilan yang memiliki usia lewat dari 42 minggu. Persalinan yang normal seharusnya terjadi pada rentang usia kehamilan 38-42 minggu. Kehamilan lewat waktu dapat menyebabkan berbahaya, baik bagi ibu maupun janin.

Beberapa faktor penyebabnya seperti salah hitung tafsiran persalinan yang berasal dari salahnya perkiraan dalam menentukan HPHT; bayi yang besar atau posisi janin yang tidak normal; plasenta yang menutupi jalan kelahiran; sampai rasa kontraksi yang belum ada. Keadaan seperti ini sebenarnya perlu diperhatikan dan menjadi hal yang serius karena bisa mengancam nyawa janin.

Berbahayanya kehamilan lewat waktu dapat dilihat dari plasenta yang semakin “menua”. Fungsi awal plasenta adalah sebagai penghantar oksigen dan nutrisi makanan untuk janin mengalami penurunan fungsi sehingga janin yang berada di dalam kandungan akan kekurangan oksigen dan nutrisi.

Di samping itu, karena usia janin di dalam kandungan sudah semakin menua, organ pencernaannya mulai mengeluarkan kotoran yang akan mencemarkan cairan ketuban.

Hal ini akan membuat janin keracunan. Perlu diingat, rajinnya Ibu memeriksakan kehamilan dan berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan lainnya, mengenali setiap pergerakan janin di kandungan, serta menjaga kesehatan dan makanan, menjadi faktor berkurangnya angka kejadian kehamilan lewat waktu.

Info!

Tahukah Ibu manfaat dan air ketuban? Air ketuban tidak hanya sebagai pelindung dan inkubator alami bagi janin karena memiliki suhu yang tetap. tetapi jaga berfungsi sebagai pembentuk paru-paru janin, media perantara untuk mendengar dunia luar, serta menghindari janin dari bahaya infeksi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *