BERAGAM PILIHAN LOKASI MAKANAN Untuk Bisnis Catering bagian 5

Japren alias jatah preman

Jika Anda tertarik membuka usaha makanan kakilima, gang- guan preman bisa menjadi persoalan serius. Jangan sampa mereka mengganggu kenyamanan para pengunjung. Bisa jadi, retribusi harian saja tidak cukup. Nah, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah men- geluarkan sejumlah uang ekstra setiap kali ada preman yang mendekati lokasi makanan.

Yang penting, mereka tidak masuk ke wilayah dan mengganggu pengunjung yang makan. Cara lainnya, merangkul para preman tersebut. Kalau mer- eka minta makanan, tak ada salahnya Anda beri. Prinsipnya, jika Anda baik dengan mereka, mereka juga akan hormat dengan Anda kok.

Hari gini, tak sulit mendapatkan makanan asing di Indon Pelosok kota saja, ada kok pizza, masih banyak makanan asing lainnya di Indonesia burger, spaghetti, kebab, dan . Bisa jadi, ini semata- mata karena orang Indonesia memang doyan beragam jenis masakan dari pelosok dunia. Itu sebabnya, apapun makanan yang dijual di Indonesia, pasti lakunya.

Dengan catatan, me- mang ada pasarnya. banyak dijumpai di jalanan. Sebut saja yang paling populer adalah kebab Baba Raffi yang kini sudah punya lebih dari 70 gerai di Indonesia. Bayangkan, betapa makanan kakilima pun telah memperkaya lidah masyarakat kita. Jadi, jangan ragu Bila tidak berlebihan, makanan asing kelas kakilima pun mengusung masakan ‘antik’ ke Indonesia.

Kualitas makanan asing di lidah lokal

Ada banyak cara untuk menyebut sebuah makanan berkualitas atau tidak. Patokannya memang makanan itu harus lezat dan diterima pasar. Salah satu cara untuk membuat makanan itu lezat adalah melakukan riset dan mencoba berbagai ramuan bumbu.

Jangan lupa, Anda juga harus menyesuaikan cita rasa makanan-makanan impor itu dengan lidah Indonesia. Kalau aslinya di Jepang sono masakan Jepang sangat datar, atau di Jerman sana makanan Jerman sangat dingin, maka Anda harus lebih berani memberikan bumbu.

Nah, untuk elihat bisa diterima pasar atau tidak, undanglah pencicip sukarela yang bisa Anda jumput dari sekitar Anda. Misalnya saja kerabat dekat, kolega, bahkan keluarga untuk menjadi tim pencicip. Kalau sudah pas rasanya, Anda harus menyimpan rahasia ramuan bumbu atawa resep makanan itu rapat-rap diobral kepada orang lain, termasuk kepada para koki atau chef Anda.

Dengan begitu, kelangsungan bisnis Anda akan lebih ter- jaga. Anda juga tidak akan terlalu bergantung pada koki-koki Anda. Banyak kan koki yang cabut dan meniru makanan dari kedai aslinya . Tapi tetap saja tak bisa 100 % sama lantaran bumbunya kita simpan. Ukuran lain yang bisa Anda gunakan untuk mengukur kuali- tas makanan adalah kualitas bahan baku dan peralatan yang digunakan.

Untuk itu, Anda juga harus melakukan survei ke berbagai pemasok (supplier) bahan baku dan peralatan. Maka, jangan kaget jika kadang kala Anda juga harus mengimpor bahan baku dan peralatan itu dari luar negeri langsung. Maklum, ini makanan asing.

Sama halnya dengan makanan daerah yang harus mengusung beberapa bumbu atau material dari kampung halaman untuk membuatnya menjadi lebih istimewa. O iya, cara memasak juga menentukan rasa masakan. So, sebelum memulai bisnis ini sebaiknya Anda juga memahami cara memasak makanan-makanan itu. Syukur-syukur kalau Anda juga bisa jago memasak semua makanan yang akan Anda sajikan. Tapi, jika tidak, ada jalan keluarnya yaitu meng- gandeng mitra yang sudah jago memasaknya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *