KETIDAKNYAMANAN SAAT KEHAMILAN LANJUT, CARA MENGATASINYA, Bagian 2

saat melahirkan seperti perdarahan saat bersalin lbu dapat meringankan gejala varises ini dengan mengurangi penggunaan pakaian ketat memakai alas kak dengan hak tinggi serta hindari duduk atau berdiri dalam waktu yang lama Jika sedang dalam keadaan berbaring maka naikkan kaki lebih tinggi dari posisi kepala.

Waspadalah!

Terkadang, varises luput dani perhatian namun tidak jarang akan menimbulkan rasa sakit bahkan menyebabkan bengkak. Rasa ini akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi lbu.

  1. Sering BAK

Seringnya buang air kecil, saat usia kehamilan masih muda atau tua, disebabkan oleh tekanan rahim yang sedang mengalami perubahan sehingga menekan kandung kemih Saran terbaik adalah selalu mengosongkan kandung kemih dan tetap menjaga konsumsi air mineral, baik pada siang maupun malam hari Namun, jika istirahat malam mula terganggu dengan terlalu sering bolak-balik ke WC untuk buang air kecil, mulailah untuk membatasi konsumsi air menjelang tidur malam Selain itu, kurangi konsumsi teh, kopi, serta minuman bersoda.

Waspadalah!

Jika merasakan nyeri saat buang air kecil, bahkan saat kandung kemih kosong Nyeri di bagian bawah perut, serta urin berwarna keruh dan berbau segeralah untuk menghubungi dokter kandungan.

  1. Bengkak dan kram Pembengkakan pada area kaki, biasanya dikarenakan pengaruh hormon yang berubah dan tekanan yang berasal dari area perut Ibu dapat memeriksanya sendiri dengan cara menekan area kaki dengan tiga jarı tangan Setelah itu Iihatkah perubahan kulitnya yang cepat atau lambat kembali seperti semula. Begitu juga dengan kram pada area kaki yang diakibatkan oleh hal yang sama.

Dengan menghindari posisi duduk atau berdiri yang terlalu lama, mengangkat kaki lebih tinggi dari kepala, dan menghindari penggunaan pakaian ketat dapat meringankan keluhan ini. Perlu lbu sadari bahwa keluhan ini akan hilang dengan sendirinya beberapa saat setelah melahirkan.

Waspadalah!

Jika muncul bengkak di area muka dan tangan, serta kram pada kaki mulai mengganggu aktivitas sehari-hari, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter.

  1. Panas dalam dada

Jika merasakan adanya rasa panas dan seperti ditusuk-tusuk pada area dada atau ulu hati, jangan panik. Banyak yang menyangka bahwa ini mungkin saja awal dari serangan jantung, tetapi tidak. Keluhan ini terjadi karena pengaruh hormon yang berubah sehingga memengaruhi kerja alat pencernaan. Akibatnya, makanan yang semula diolah di lambung naik kembali ke kerongkongan, atau dikenal dengan istilah naiknya asam lambung. Hal inilah yang menyebabkan rasa panas dan seperti ditusuk-tusuk pada daerah dada atau ulu hati.

lbu dapat menguranginya dengan mengonsumsi makanan dalam jumlah sedikit tetapi sering. Hindari makanan yang berbumbu “tajam dan berbaring setelah makan. Hindari juga mengenakan pakaian ketat.

Waspadalah!

Jika rasa panas di dada dan ulu hati sudah meningkat menjadi nyeri yang disertai dengan rasa sakit kepala yang hebat dan mata mulai berkunang- kunang, segera datang ke dokter kandungan terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *