Kehamilan Bulan Pertama (0-4 Minggu)

KEHAMILAN BULAN PERTAMA (o-4 MINGGU) BENARKAH SAYA HAMIL?

 

Jika lbu sudah pernah mengalami kehamilan sebelumnya, pasti akan mudah untuk mengetahui kehamilan selanjutnya. namun jika masih sampai saat ini belum bisa hamil ke dua

Nah bisa coba obat penyubur kandungan GO SBR 100% Alami tanpa efek samping.

Lain ceritanya jika ini merupakan kehamilan pertama Ibu dan mungkin juga sudah ditunggu-tunggu Tabel berikut merupakan beberapa tanda yang mengisyaratkan kalau lbu sedang me- ngandung.

 

. Jika lbu mendapatkan empat dari lima tanda-tanda kehamilan di atas, maka segera lakukan pemeriksaan lanjutan ke tenaga kesehatan untuk memastikan kehamilan.

PERUBAHAN FISIK DAN PSIKIS SELAMA KEHAMILAN

 

Setiap kehamilan pasti selalu disertai perubahan, baik itu secara fisik maupun psikologis. Perubahan fisik dan psikologis merupakan hal normal yang terjadi.

Sebaliknya, jika selama kehamilan tidak terjadi perubahan fisik, maka lIbu harus memeriksakannya kepada ahli kesehatan dan mendapatkarn pemantauan secara berkala.

Perubahan Fisik Perubahan fisik yang paling terlihat adalah pembesaran di area perut. Perubahan ini, selain menunjukkan usia 20 Menikmati Bulan yang Menyenangkan

 

kehamilan yang semakin berlanjut tetapi juga memengaruhi segala sistem di dalam tubuh lbu.

 

  1. Umur kehamilan selaras dengan Pembesaran di area perut

 

Dari gambar di atas dapat dilihat kalau pembesaran perut sesuai dengan usia kehamilan. Pembesaran pada area perut ini juga merupakan cerminan perkembangan janin di rahim. Hal ini juga ditandai dengan berat badan yang semakin meningkat dari waktu ke waktu

 

  1. Perubahan pada payudara

 

Tanda-tanda kehamilan lain adalah terjadi pada area payudara y warna. Selain’ itu, seiring dengan waktu, payudara juga akan membesar. Kadang-kadang ditemukan juga cairan kuning yang melengket. Cairan inilah yang disebut dengan colostrum. ang menegang dan mengalami perubahan

 

  1. Sistem metabolisme tubuh mengalami perubahan drastis .

 

Sistem pernafasan Selama masa kehamilan, lbu juga akan mengalami perubahan sistem metabolisme tubuh. Misalnya sistem pernapasan yang akan semakin meningkat seiring usia kehamilan yang semakin bertambah Jadi, tidak jarang akan ditemukan keluhan seperti rasa sesak dan pendek napas pada ibu hamil.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, keluhan ini akan hilang hingga saat melahirkan.

Jadi, jangan khawatir. Tips: Untuk posisi tidur, disarankan untuk menyamping ke sisi kin daripada telentang.

Untuk posisi duduk, disarankan untuk merentangkan tangan di atas kepala sehingga tulang rusuk terangkat dan akan lebih banyak udara yang masuk ke

dalam tib in paru-paru Sistem pembuangan (eliminas) dan bertambahnya berat badan se Selain perubahan hormon, ibu hamil juga akan mengalami perubahan dalam sistem pembuangan

Misalnya, lebih sering buang air kecil dan buang air besar yang tidak lancar. Perubahan metabolisme ini disebabkan karena kandung kemih yang tertekan oleh rahim yang semakin membesar dan akan hilang setelah melahirkan.

 

Tips: Untuk mengurangi buang air kedl di malam harn, lebih bak kurangi konsumsi air sebelum tidur.

Selain itu, usahakan untuk buang air kecil sebelum tidur. Jika mengalami sembelit yang sudah sangat mengganggu, lbu dapat minum air mineral saat sarapan.

Jika dibutuhkan, lbu dapat meningkatkan mengonsumsi air mineralnya, tetapi tetap kurangi saat malam hari.

 

Perubahan Psikologis

 

Perubahan-perubahan fisik yang terjadi selama masa kehamilan memang sangat perlu untuk dikenali oleh lbu. Selain itu, perhatikan juga perubahan psikologis yang terjadi selama masa kehamilan. Mungkin tanpa sadar, Ibu sering mengalami mood swing.

Misalnya, rasa marah yang muncul tiba-tiba, tetapi beberapa saat kemudian merasa sedih. Hal ini perlu diwaspadai karena akan memicu stres.

 

Tahapan-tahapan perubahan psikologis yang lbu rasakan pada awal-awal kehamilan, akan memicu pertengkaran atau rasa tidak nyaman.

Namun, hal tersebut hanya bersifat sementara karena di kehamilan berikutnya, Ibu akan mulai merasa nyaman dengan proses kehamilan itu. Coba alihkan perasaan tersebut dengan mulai memperhatikan beberapa perubahan dalam tubuh lbu. Selain itu, berikan perhatian lebih mengenai persalinan yang akan dihadapi.

 

Semua perubahan yang Ibu alami selama masa ke- hamilan, baik itu perubahan fisik maupun psikologis, butuh kehadiran dan dukungan. Dukungan ini bisa datang dari reka akan memberikan hal-hal suami atau keluarga besar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *