Kehamilan Bulan Pertama (0-4 Minggu) Bagian ke 3

KETIDAKNYAMANAN KENAMILAN USIA MUDA DAN TANDA- TANDA BAHAYA

 

Ketidaknyamanan saat kehamilan muda yang di alami adalah sebagal bentuk penyesuaian tubuh. Tentu saja ini hal yang normal, Ibu tidak perlu cemas karena setiap ketidaknyamanan tersebut merupakan bentuk penyesuaian tubuh terhadap kehadiran janin di dalam rahim.

 

Namun, tetaplah waspada jika ketidaknyamanan tersebut sudah tidak terkontrol dan melebihi batas fungsi tubuh lbu. Hal tersebut adalah tanda bahaya yang akan meracuni kehamilan.

 

  1. Rasa mual dan muntah Mual dan mutah adalah hal yang lumrah dalam setiap kehamilan. Rasa ini timbul karena hormon dalam tubuh mengalami perubahan sebagai bentuk penyesuaian dengan hadimya kehidupan kedua yang berasal dari perut.

 

 

Ibu dapat meringankan keluhan tersebut dengan memakan makanan dengan porsi kecil tetapi sering. Selain itu, cobalah untuk makan makanan manis menjelang tidur malam.

 

Waspada!

 

lbu patut waspada jka kehilangan banyak berat badan dengan tidak normal Waspadai juga jika sudah muntah berlebihan yang membuat tidak nafsu makan dan tidak dapat bangun dari tempat tidur.

 

  1. Keputihan

 

Jika sebelum hamil, lbu sudah mengalami keputihan dalam skala normal, maka jika mengalami keputihan di kehamilan, bukanlah masalah yang serius.

 

Keputihan yang terjadi saat masa kehamilan merupakan perubahan kerja hormon tubuh. Namun, bukan berarti keputihan tersebut tidak mengganggu kebersihan badan lbu. Oleh karena itu, kenakan pakaian dalam yang terbuat dari katun karena memiliki daya serap yang lebih tinggi. Selain itu, cucilah organ vital dari arah depan ke belakang.

Waspada!

 

Waspadalah jika cairan keputihan keluar lebih banyak dari biasanya, dan disertai dengan bau yang menyengat dan berwarna kuning atau abu-abu. Perhatikan juga adanya pendarahan. Ini merupakan tanda bahaya yang harus lbu waspadai. Segeralah untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

 

  1. Pusing

 

Keluhan pusing saat kehamilan merupakan hal normal yang alami. Ini dikarenakan adanya tegangan otot di daerah kepala dan perubahan cairan syaraf, serta keletihan sebagai dampak kehamilan. Ibu tidak perlu khawatir karena keluhan ini sebagai salah satu bentuk penyesuaian tubuh.

 

Lakukan teknik relaksasi dan jangan terlambat makan. Ini bisa meringankan gejala pusing yang dialami. Gerakan mendadak, seperti bangun tiba-tiba dan langsung duduk, juga bisa menyebabkan pusing

 

 Waspada!

 

Jika pusing ini berlanjut akan menyebabkan sakit kepala, tekanan darah naik, bahkan disertai penglihatan yang mulai mengabur.

 

  1. Lemah, letih, lesu, lelah, dan lunglai (5L)

 

 

Gejala 5L ini biasanya gejala awal dari anemia. Dalam masa kehamilan, anemia merupakan hal yang normal sebagai akibat penyesuaian tubuh untuk mulai “berbagi” dengan janin Keluhan ini dapat dibatasi dengan memperbaiki cara tidur yang mungkin sebelumnya lebih banyak dengan posisi telentang lbu bisa menggantinya dengan posisi miring.

 

Perbanyak juga makanan sayuran hijau dan kacang- kacangan. Dengan mengatur pola makan sehat, maka lbu dapat meringankan keluhan 5L

 

 Waspada!

 

5L merupakan gejala awal anemia yang menyebabkan angka kematian tertinggi bagi ibu hamil dan melahirkan dengan pendarahan. Pada masa kehamilan, anemia merupakan hal yang normal terjadi, tapi gejala SL akan terasa lebih berat dan biasanya lika sudah terjadi. segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

 

jangan biarkan semua gangguan yang menggangu rahim. sehingga mengalami kesulitan kehamilan, bisa anda coba nich obat penyubur kandungan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *