Cara MENGENAL PEMERIKSAAN LABORATORIUM KEHAMILAN

MENGENAL PEMERIKSAAN LABORATORIUM KEHAMILAN

Pemeriksaan uji laboratorium saat kehamilan bertujuan untuk menjaga dan mendeteksi dini atas kelainan- kelainan yang menyertainya.

Ketika mengunjungi unit kesehatan pada saat pemeriksaan kehamilan pertama, biasanya Ibu akan mendapat tes sederhana laboratorium seperti berikut.

APA ITU ASAM FOLAT?

Kenalkah lbu dengan asam folat? Vitamin yang larut da- lam air ini, yang dikenal juga dengan nama Vitamin B9, mempunyai peran yang sangat penting untuk fungsi tubuh, terutama untuk pembelahan dan pertumbuhan sel, memproduksi sel darah merah, dan mencegah anemia.

Lalu apa manfaatnya bagi kehamilan? Penting lbu ketahui bahwa asupan asam folat yang cukup, sebelum dan selama kehamilan, dapat mencegah terjadinya kecacatan pada sistem syaraf (otak) dan tabung syaraf NTDs (Neural Tube Defects) pada janin.

Kekurangan asam folat selama kehamilan akan menyebabkan spina bifida (kelainan pada tulang belakang janin) dan anencephaly (kelainan ketika otak janin tidak dapat terbentuk).

Lalu, berapa asupan asam folat yang dibutuhkan? Ilbu per hari. membutukan sekitar 0,4-0,8 mg atau 400-800 mcg

Makanan apa saja yang mengandung asam folat? Mengingat betapa pentingnya vitamin ini, lbu harus benar-benar memastikan kecukupan asupan akan asam folat. Berikut adalah tabel makanan yang mengandung asam folat yang dapat Anda konsumsi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *