Bisnis Batik Online : Batik Sebagai Simbol Harapan

Batik Sebagai Simbol Harapan

Batik bukan hanya merupakan ekspresi seni atau budaya semata, melainkan juga mencerminkan makna simbolis akan suatu harapan atau cita-cita. Dalam seni batik sebenarnya mencerminkan simbol yang bermakna sebagai semacam sandi atas suatu harapan atau cita-cita bagi pembuat atau pemakainya.

Beberapa motif batik sangat kental maknanya sebagai simbol yang mencerminkan sandi atas suatu harapan atau cita-cita. Motif batik Sido Mukti misalnya, berisi sandi yang berarti harapan untuk terus-menerus menjadi mukti, yaitu hidup dalam kecukupan dan kebahagiaan. Motif batik ini melambangkan harapan akan masa depan yang baik dan penuh kebahagiaan.

Masih sangat banyak ragam dan motif batik yang mencerminkan sandi akan suatu harapan. Motif batik Sido Asih yang berarti harapan hidup dalam kasih sayang. Motif batik Sido Mulyo yang berarti hidup dalam kemuliaan, dan motif batik Sido Luhur yang berarti hidup selalu berbudi luhur. Motif batik Pakis yang disimbolkan seikat bunga, mencerminkan sandi harapan cinta kasih orang tua kepada anaknya. Masih banyak lagi motif batik lainnya yang mempunyai simbol harapan tertentu.

Karya Seni Batik

Di tengah masyarakat sering kali kita jumpai berbagai karya seni yang mempunyai corak atau motif batik. Pada kegiatan pameran batik sering kita temukan lukisan batik, baik batik tulis, batik cap, atau batik printing. Sementara itu, sering pula kita jumpai aneka suvenir dengan desain batik yang dibuat dengan teknik lukis, sablon, cap, maupun printing. Serta yang lazim kita jumpai tentu saja aneka kain batik, baik berupa pakaian atau berbagai barang keperluan sehari-hari seperti seprai, taplak meja, tas, dan lain sebagainya.

Dengan pengertian batik secara luas atau umum, ada tiga karya seni atau kebudayaan yang bisa dihasilkan. Ketiga karya seni atau kebudayaan itu adalah lukisan batik, kain dan pakaian batik, serta hiasan atau suvenir batik.

Kain Batik

Ada sebagian orang yang mendefinisikan batik secara terbatas, yaitu sebagai salah satu pembuatan bahan pakaian, atau batik adalah bahan sandang yang dibuat berupa tekstil untuk keperluan sehari-hari. Tekstil yang dibuat dengan teknik atau proses batik untuk sandang tersebut, bisa berupa kain penutup badan, hiasan rumah tangga, dan perlengkapan sehari-hari lainnya Batik sebagai kain penutup badan, antara lain berupa baju atau kemeja, kebaya, jarit atau selendang, sarung, jaket, jas, celana, dasi, dan lain sebagainya. Batik sebagai hiasan kain rumah tangga, antara lain berupa gorden, taplak meja, seprai, sarung bantal dan guling, dan lain sebagainya. Sedangkan batik sebagai kain perlengkapan sehari-hari, antara lain berupa tas, tempat pensil, lap makan, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *